Selasa, 21 Februari 2012

wordpress error : Link internal putus

wordpress error : Link internal putus

Pengalaman membuat kita lebih kaya pengetahuan yang tidak bisa kita dapat dari teori saja, kita harus terjun langsung ke dunia bisnis yang kita senangi, dan mencoba menghadapi masalah terlebih dahulu, baru mungkin kita bisa mendapatkan pengetahuan yang baru. Awalnya mungkin kita menganggap masalah yang kita hadapi sangat sulit dipecahkan tetapi setelah kita dapat menyelesaikannya ternyata masalahnya tidaklah terlalu sulit seperti yang kita pikirkan. Saya perlu berterima kasih kepada Om Google sebagai sumber pencarian yang sudah banyak membantu orang-orang.
Oke langsung saja ke pengalaman saya, beberapa hari yang lalu saya bermaksud untuk memindahkan hosting blog saya yang menggunakan OS Linux ke hosting yang lain yang menggunakan OS window, sehingga saya hanya memiliki hosting yang berbasis window saja, dalam rangka pengiritan tentunya, hehehe. Mengapa saya memilih hosting yang berbasis windows, karena ada website yang saya buat yang menggunakan technology Microsoft yaitu donet framework, harus dijalankan di OS Windows. Kemudian setelah pindahkan database (MySql), dan source wordpressnya, dan penyesuaian settingan ke hosting yang baru, saya berharap blog saya dapat running dengan baik. Tapi setelah saya coba untuk klik salah satu postingan yang ada untuk melihat secara lengkap artikelnya, ternyata muncul error :
The resource you are looking for might have been removed, had its name changed, or is temporarily unavailable.
Error ini sudah membuat pusing saya beberapa hari ini, tapi akhirnya bisa diatasinya. Ternyata caranya mudah, bagaimana ?
Langkah pertama anda harus pastikan dulu tidak ada plugin yang error atau tidak berjalan dengan benar, lebih mudah dengan cara non-aktifkan semua plugin yang ada, kemudian running lagi blog anda. Jika dapat berjalan dengan normal berarti ada plugin yang membuat internal link anda putus. Coba aktifkan satu plugin yang ada, kemudian running lagi blog anda, lakukan sampai semua plugin anda dapat diaktifkan kembali.
Jika ini belum juga dapat mengatasi masalahnya, langkah kedua adalah ubah setting permalinks ke default, kemudian running kembali blog anda, dalam kasus yang saya hadapi langkah ini sudah dapat mengatasi masalahnya. Jadi ternyata masalahnya adalah pada permalinks sepertinya tidak dapat dikenali dengan baik sehingga tidak dapat memanggil alamat artikel dengan benar. Dengan mengubah settingan permalinks, ini akan membetulkan link yang mungkin terputus. Setelah berjalan dengan normal kembali, jangan lupa ubah kembali setting permalinks sesuai dengan keinginan anda.
Jika belum juga dapat menyelesaikan masalahnya juga, coba googling aja di om google dengan key pencariannya adalah keterangan error di atas. Silahkan periksa link berikut sebagai referensi : http://wordpress.org/support/topic/server-error404-file-or-directory-not-found
Anda dapat melihat sumber artikelnya di http://trikkom.com/2011/11/04/wordpress-error-link-internal-putus/
Semoga bermanfaat.

1 komentar: