Selasa, 21 Februari 2012

Tips dan Trik Meningkatkan Performa Mozilla Firefox

Beberapa hari ini komputerblog sibuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke ruang konsultasi, sampai-sampai kolom artikel digunakan untuk menjawab konsultasi yang ada. Kami mohon maaf jika hal itu menggangu pembaca. Mulai minggu ini rubrik konsultasi akan dijawab secara khusus di kolom konsultasi yang ada di sebelah pojok kanan, kolom artikel akan kembali seperti semula. Selamat membaca.
thumbs_firefox.gif
Apa browser favoritmu ? internet explorer, safari, opera, google chrome, mozilla firefox atau lainnya. Kalau saya lebih suka firefox, jika dilihat dari statistik pengunjung blog ini, pengguna browser firefox menduduki nomor pertama, selanjutnya diikuti oleh IE, Safari dan lainnya.
Jika ditanya apa browser favoritmu ? maka jawaban masing-masing orang pasti berbeda, ada yang lebih suka IE karena sudah terbiasa, ada yang suka google chrome karena ringan, ada yang suka opera karena tampilannya bagus, ada yang memilih safari karena memang gak ada lagi browser yang terinstall di macbook dan jawaban berbeda lainnya beserta alasan uniknya, yang jelas gak ada yang salah, jika diibaratkan, pertanyaan ini mirip seperti “Lebih suka mana es krim rasa coklat atau strawberry ?”, jawabannya masing-masing pasti berbeda (kok nyambung ke situ).
Ok kita kembali ke topik, Jika pembaca adalah mozilla minded maka tips dan trik berikut akan membuat Anda makin tergila-gila dengan firefox,  salah satu alasan mengapa banyak orang memilih firefox adalah karena kecepatannya dalam meload suatu halaman web/situs/blog. Bahkan ada yang bilang bahwa firefox is the fastest browser in the world, agak berlebihan memang tetapi itu adalah kenyataan :D .
Tanpa basa-basi (padahal udah banyak basa-basinya,hehehe), selamat membaca.
Optimalkan penggunaan memori firefox
Suatu hari saya mengecek berapa besar sich penggunaan memori untuk menjalankan firefox, berikut screenshotnya :
sebelum.jpg
betapa kaget, besar sekali pemakain memori untuk menjalankan firefox, 52Mb, bagi sebagian orang mungkin ini kecil, tetapi bagi saya yang ram-nya pas-pasan (384Mb) hal ini menjadi masalah, karena komputer jadi sedikit lambat.
Akhirnya saya mencari referensi sana-sini lewat mbah google, akhirnya ketemu software  firefox ultimate optimizer, software ini berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan memori firefox sekaligus melakukan tune-in. Lihat screenshot setelah memakai software tersebut.
sesudah.jpg
Lumayan dari 52 Mb menjadi 286K, kurang dari 1 Mb !, yang kekurangan memori monggo didownload softwarenya :D .
Download : http://firefox-ultimate-optimizer.en.softonic.com/download
Install Add ons
Cara lainnya adalah dengan menambahkan addons, berikut daftar addons yang dapat meningkatkan performa firefox :
Fasterfox Lite
1223518005.pngadd ons ini masih dalam tahap percobaan, walau begitu sudah banyak yang download, kelebihan addons ini adalah tampilannya yang user friendly dalam mengkonfigurasi koneksi kecepatan internet.
Download : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/9148
Tweak Network
Tweak network berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading dari halaman web sekaligus menambah simultan untuk download dari beberapa situs.
Download : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/327
Adblock Plus 1.0.1
Salah satu penyebab lambatnya loading ketika membuka suatu situs/blog adalah karena banyaknya iklan yang muncul, addons ini berfungsi untuk memblok iklan dengan begitu loading suatu situs akan lebih cepat.
Download : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865
AutoPager
1178381976.png
Autopager adalah firefox addons yang berfungsi secara otomatis meload halaman web selanjutnya, contoh nyata adalah ketika kita berkunjung ke suatu forum, biasanya forum dibagi beberapa halaman, halaman selanjutnya dari forum ini akan otomatis diload oleh addons ini, autopager juga dapat bekerja sama dengan addons adsblock.
Download : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/4925
Blocksite
943948800.png
Seperti namanya, addons ini berfungsi untuk memblokir situs-situs tertentu, selain itu jika ada alamat link yang di block dalam suatu website maka hyperlink tersebut hanya ditampilkan saja dan tidak dapat di klik, salah satu kekurangan addons ini adalah mudah untuk di non aktifkan bahkan di buang dari daftar addons.
Download : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3145
Ok segitu dulu, jika memiliki cara lain untuk meningkatkan performa firefox, monggo tuk sudi menambahkannya di kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar